Senin, 12 Agustus 2013

SKENARIO KASUS KASUS GANGGUAN SISTEM IMUN DAN HEMATOLOGI
Di suatu ruang poliklinik Penyakit Dalam, ada 4 orang yang sedang berobat. An. Z dengan usia 12 thn datang dengan keluhan mual, muntah, tampak An.Z juga pucat dan lesu, orangtua An. Z mengatakan kalau 6 bulan terakhir berat badan menurun, ptechiae, epistaksis, perdarahan gusi, memar tanpa sebab, sangat nyeri pd tulang dan persendian, dan kepala. Saat di palpasi oleh perawat An Z. mengatakan nyeri pada abdomen. Dari hasil pemeriksaan penunjang didapatkan hasil foto tampak pembesaran pada hepar dan spleen, hasil pemeriksaan darah didapatkan Hb = 7gr/dL; WBC = 1200 sel/u L darah, Platelet = 110.000 sel/u L.
Dibilik yang lain masih  di ruang poliklinik penyakit dalam. Ny. Y usia 46 tahun, 7 bulan yang lalu Ny. Y sudah histerektomi akibat Ca. Cerviks yang dideritanya dan 4 bulan terakhir ini menjalani kemoterapi, Ny. Y tampak pucat, klien mengatakan sering merasa kedinginan, lemas setelah mengkonsumsi obat- obat anti kanker. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan rambut rapuh dan halus, kuku tipis dan mudah patah, stomatitis. Dari hasil pemeriksaan lab Ny. Z didapatkan Hb = 6 mg/dL.
Klien ke- 3 didalam ruangan itu adalah An. C usia 11 tahun yang tampak lemah ditemani ibunya datang dengan keluhan demam tinggi disertai sakit kepal, nyeri sendi dan ulu hati, pegal pegal pada seluruh tubuh dan konstipasi tanpa sebab yang jelas. Tampak An. C menggigil  dan dari hasil pemeriksaan didapatkan suhu 40oC, wajah tampak kemerahan, mukosa mulut kering dan sianosis, uji tourniket (+), perdarahan pada gusi (+), hematemesis, dari hasil palpasi nyeri tekan epigastrik (+), pembesaran hati dan limpa (+); pemeriksaan laboratorium An. C mengalami trombositopenia (platelet = 90.000 sel/ uL darah).
Klien yang terakhir adalah seorang lelaki Tn. P datang dengan keluhan diare yang sudah dialami 6 bulan terakhir dan adanya jamur di bagian bawah pusat yang muncul hampir bersamaan dengan diare yang dialaminya. Segala jenis obat untuk menghentikan tetapi tidak ada efek yang positif. Klien juga mengeluhkan selera makan menurun. Klien tampak lemas, saat dilakukan pemeriksaan fisik didapatkan pada rongga mulut jamur (+), stomatitis (+), dari hasil penimbangan BB = 50 kg (BB sebelumnya = 65 kg), Tinggi Badan = 160 cm.

Seven Jumps:
1.      Identifikasi istilah
2.      Klarifikasi istilah
3.      Analisa masalah
4.      Hipotesis
5.      Learning issue
6.      Mandiri

7.      Pleno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar